Widget HTML Atas

Cara Mengatasi Error 404 di CodeIgniter Terbaru

Sebagai seorang yang sedang belajar, kita seringkali mengalami masalah atau error pada kodingan, yang menurut kita udah bener dan baik-baik aja tetapi ternyata masih belum beres alias tetap error. Salah satu permasalahan yang sering kita alami adalah bagaimana cara mengatasi error 404 di CodeIgniter, entah ini emang udah menjadi makanan wajib bagi orang seperti saya ketika baru belajar.

Sebenarnya masalah error 404 itu ada banyak sebabnya, ada yang karena sistem operasinya, ada yang disebabkan oleh penamaan fungsi atau class, atau penamaan file yang tidak memperhatikan kaidah case sensitive (sensitif terhadap huruf kecil dan huruf besar). Sehingga ketika sebuah class atau controller dipanggil tidak sesuai dengan namanya, maka yang terjadi adalah error not found.

Cara Mengatasi Error 404 di CodeIgniter

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengatasi error 404 not found di codeigniter, silahkan sesuaikan dengan akar permasalahan yang terjadi.

Error karena penamaan file class dan controller

Saya kutip dari artikel mas Fauzan Falah, sempat ada teman-teman yang mengalami masalah ketika projek codeigniter diunggah ke hosting menjadi online, nah kan ngga lucu nih dikiranya pekerjaan dah beres dan siap diserahin ke client ternyata masih ada errornya ketika proses deploy ke server. 

Error tersebut konon terjadi karena hal sepele, yaitu karena penamaan huruf pada setiap classnya ternyata memakai lowercase (huruf kecil), sehingga si codeigniter tidak dapat memanggil class tersebut karena dianggap tidak ada. Makanya sama doi dibilangnya 404 not found, alasannya simpel, gara-gara pake nama class yang awalannya lowercase.

Untuk solusinya, tentu dengan mengubah nama semua class dan controller yang dirasa bermasalah, dengan menggantinya huruf besar pada huruf pertama nama classnya. Bingung? Silahkan lihat gambar dibawah ya gan, (ijin pake gambarnya mas fauzan xixixi)

nama class sebelum diubah:
nama class sebelum diubah

nama controller sebelum diubah:
nama controller sebelum diubah

nama class setelah diubah:
nama class setelah diubah

nama controller setelah diubah:
nama controller setelah diubah

Error karena httpd.conf di sistem operasi

Error 404 di CodeIgniter memiliki masalah yang beragam, salah satu caranya adalah dengan mengedit httpd.conf, biasanya untuk operasi sistem di Linux, kalian bisa menemukannya pada root direktori /etc/httpd/conf. Kemudian, edit bagian AllowOverride. Lalu ubah status dari AlowOverride None ke AllowOverride All.

Terima kasih, itu aja yang bisa saya tulis untuk tutorial kali ini. Semoga bermanfaat ya!

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Error 404 di CodeIgniter Terbaru"

Adblock Terdeteksi

Mohon matikan plugin Adblock untuk tetap mendukung situs ini berkembang

Disable Adblock & Reload