6 Framework PHP Terbaik dengan Pengguna Terbanyak

Framework PHP Terbaik
Apa Framework PHP Favoritmu?

PHP adalah bahasa pemrograman yang saat ini memiliki cukup banyak framework. Banyak yang bilang PHP mulai mati alias ditinggalkan, tetapi pada faktanya bahasa PHP masih digunakan pada banyak situs web di dunia. Tetapi ada hal yang menarik kenapa PHP masih banyak dipakai, salah satunya adalah karena kehadiran dari php framework itu sendiri.

Kenapa perlu menggunakan framework?

Secara tidak langsung framework sebuah bahasa pemrograman tentu membuat mudah si programmer, namun tujuan dibuatnya framework php bukan itu saja. Keunggulan menggunakan framework php adalah antara lain membuat waktu kerja yang semakin efisien dan membawa fitur keamanan yang lebih kompleks. Itulah kenapa framework php lebih populer dan disukai para developer.

Daftar 6 Framework PHP Terbaik

Berikut ini adalah daftar framework php terbaik yang paling populer di dunia:

1. Laravel

Laravel merupakan framework php yang saat ini paling banyak digunakan, bukan tanpa sebab, memang laravel adalah framework yang sangat bisa diandalkan, selain itu bisa dipakai secara gratis dan didukung komunitas yang sangat besar berkat open source. Secara fitur, laravel bisa menangani pembuatan aplikasi web yang rumit & kompleks untuk skala besar. Laravel digadang memiliki keamanan yang lebih baik daripada framework lain, juga laravel memiliki kecepatan yang bagus.

Dengan laravel development services, developer dapat dengan mudah membuat proses umum seperti Authentikasi (Register, Login, Logout), caching, routing, dan lain sebagainya.

Laravel menyediakan fitur migrasi database yang mana ini sangat bisa diandalkan saat setup aplikasi web ke server. Dukungan blade templating yang mudah membuatnya menjadi framework dengan susunan kode yang jauh lebih rapi.

2. CodeIgniter

Framework CodeIgniter sudah ada sejak 13 tahun yang lalu, menjadi salah satu framework yang sudah berumur dan tinggi jam terbangnya. Kelebihannya yang sangat terlihat adalah ukurannya yang relatif kecil dan itu yang dapat mendukung pengembangan aplikasi menjadi lebih cepat. Banyak pihak merekomendasikan untuk menggunakan framework ini untuk belajar jauh tentang php, karena dokumentasi yang disediakan sangatlah lengkap.

Kamu dapat menghire seseorang yang memiliki kemampuan framework codeigniter untuk melakukan pekerjaan pengembangan web yang lebih cepat, karena kinerja yang solid dan ukuran aplikasi yang ringan dan cepat.

3. CakePHP

Salah satu kelebihan yang bisa diandalkan dari framework CakePHP adalah karena dia mendukung backward compatibility, yang mana itu sangat berguna dan membuatnya mudah untuk diupgrade. CakePHP ini digadang-gadang menjadi salah satu framework yang memiliki tampilan visual yang menarik, namun tetap dengan menggunakan pendekatan yang sederhana. Salah satunya, aplikasi dapat diinstall hanya dengan dicopy dari local ke server.

CakePHP sendiri sudah dilengkap dengan keamanan bawaan yang tinggi, salah satunya adalah fitur perlindungan Cross Site Scripting (XSS), pencegahan SQL injection dan perlindungan CSRF dengan validasi input, sehingga sangat cocok digunakan untuk membangun situs web yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi seperti e-commerce.

4. Symfony

Symfony merupakan salah satu framework tertua, menurut kami pengembangan framework ini benar-benar sangat bagus dan matang, sehingga dapat diandalkan untuk membangun aplikasi web. Symfony merupakan framework yang mengikuti standar PHP secara tepat. Symfony dianggap cocok untuk pembangunan web secara professional karena stabil dan memiliki kinerja tinggi serta dukungan dokumentasi yang sangat lengkap.

5. Yii

Dengan Yii, developer dapat membangun aplikasi web yang membuatnya cepat dan stabil, framework ini merupakan salah satu tujuan yang paling dicari saat seorang developer sudah bosan dengan yang framework lain, bisa dikatakan sebagai sebuah alternatif. Yii juga memiliki komunitas yang besar yang mana ini dapat memudahkan jika kita ingin bertanya sesuatu hal yang menyulitkan.

Yii direkomendasikan bagi siapa saja, baik untuk pemula maupun developer yang sudah expert. Yii dapat digunakan untuk membangun CMS dengan didukung keamanan yang tinggi, seperti forum, blog, e-commerce dan lainnya.

6. Zend

Framework zend adalah sebuah framework php yang berorientasi objek, zend dilengkapi dengan fitur canggih seperti interface dan inheritance, ini dapat diperluas lagi. Zend sangat bisa digunakan untuk membangun sebuah sistem web yang berkualitas tinggi. Zend sangat kompatibel dengan kerja php karena mengikuti standar php yang tepat.

Zend dilengkapi dengan fitur MVC, API Cloud sederhana dan enkripsi data. Komunitas zend juga terhitung cukup besar.


Itulah beberapa framework php terbaik yang paling populer dengan pengguna terbanyak dan menjadi rekomendasi untuk digunakan pada tahun 2020 / beberapa tahun kedepan. Semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat, terima kasih!

Posting Komentar untuk "6 Framework PHP Terbaik dengan Pengguna Terbanyak"

Berlangganan via Email

Adblock Terdeteksi

Mohon matikan plugin Adblock untuk tetap mendukung situs ini berkembang

Disable Adblock & Reload