Widget HTML Atas

5 Framework Javascript Terbaik untuk Pengembangan Frontend

5 Framework Javascript Terbaik
Apa framework javascript kesukaanmu?
Bagi seorang frontend developer, udah pasti sering cari info soal apa saja framework javascript terbaik yang sedang digunakan pada tahun ini, dan rekomendasi yang diberikan banyak blog lah yang menjadi acuan kalian dalam memilih framework apa saja yang akan digunakan.

Seperti yang kalian tahu, bahwa hampir setiap beberapa waktu framework javascript lahir dan mencoba berkompetisi untuk seberapa banyak penggunanya. Sadly, tetapi tujuan dibuatnya framework javascript bukan untuk berkompetisi seperti itu, melainkan setiap framework yang lahir adalah bertujuan untuk memudahkan jalannya para developer dalam mengerjakan projek mereka. Bahkan sekarang ini, framework javascript jumlahnya sangat banyak. Kapan-kapan mimin coba buat list mereka jadi satu, sampe nggak ada yang terlewat. Setuju?

Dikutip dari freecodecamp.org, ada 450 lebih developer dari ValueCoders (sebuah perusahaan pengembangan perangkat lunak), meninjau dan membuat pemilihan voting terhadap framework javascript terbaik mana yang direkomendasikan untuk digunakan.

React menjadi pilihan terbaik

Dari vote yang sudah dilakukan oleh para developer, akhirnya pilihan itu jatuh ke framework React. Sebenarnya udah nggak kaget kalo React yang bakal jadi pemenang. Ada beberapa penilaian yang dilakukan diantaranya :
a. Komponen yang Reusable
b. Sinkronasi view dan state
c. Sistem template dan routing
d. Implementasi yang sederhana

Review dari Developer

Pernah kami membuat aplikasi yang sederhana yang dinamakan Manajemen Studio untuk guru musik dalam melakukan proses pembelajaran mereka. Alur dari aplikasinya sih cukup sederhana, yaitu menciptakan fitur aktifitas di dashboard dimana guru dapat mengelola kegiatan siswa dan memantau kemajuan yang dicapai. Digunakanlah library Redux. Aplikasi ini dapat menampilkan pelajaran baru, fitur chatting, membandingkan siswa yang bermain musik dan memberikan feedback.

Itulah review singkat dari React.

Daftar 5 Framework Javascript Terbaik

List framework javascript terbaik untuk frontend

Baiklah, kita kembali menuju ke intisari dari artikel ini. Mimin sudah merangkum 5 Framework Javascript terbaik untuk Frontend Developer, berikut daftarnya:

1. React

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, react saat ini memimpin sebagai framework di dunia javascript. Framework react memberikan banyak konseptual sendiri yang reaktif dalam pengembangan frontend sebuah web.

Dalam menggunakan react, kalian harus mempelajari tentang alat tambahan untuk melengkapi fitur yang ada. Seperti penggunaan Redux, MobX, Fluxy, atau RefluxJS. Fyi, react dapat digunakan bersamaan dengan fetchAPI, Axios, Superagent, jQuery AJAX dan lainnya.

2. Vue

Konsep Vue sendiri diambil dari framework lain seperti angular dan React, namun Vue lebih baik dalam beberapa hal. Vue sudah didownload 40.000.000 kali tahun ini dan mencatat hanya empat masalah keamanan secara langsung. Bahkan masalah itu sudah diperbaiki.

Dengan Vue Anda menyimpan logika logic & layout bersamaan dengan stylesheet dalam satu file. Mirip dengan cara kerja dari react, tanpa stylesheet. Untuk dapat berkomunikasi satu sama lain, Vue menggunakan props dan state objects. Pendekatan ini juga sudah ada di React sebelum Vue mengadopsinya.

3. Angular

AngularJS merupakan "anak emas" di antara framework JavaScript yang lain, sejak awal diperkenalkan oleh Google tahun 2012. Angular dibuat dengan konsep Model-View-Controller, meskipun penulis framework sering menyebutnya "model-View-*" atau "model-View-whatever".

Angular, ditulis dengan pure JavaScript, dimaksudkan untuk memisahkan logika aplikasi dari manipulasi DOM, dan ditujukan untuk update halaman dinamis. Namun, itu tidak terlalu mengganggu: Anda bisa memiliki hanya bagian dari halaman yang dibuat oleh AngularJS. Kerangka kerja ini memperkenalkan banyak fitur canggih yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi satu halaman yang kaya dengan cukup mudah.

4. Backbone

BackboneJS adalah library JavaScript ringan yang memungkinkan untuk mengembangkan bentuk dan struktur aplikasi dari sisi klien yang berjalan di web browser. Backbone menawarkan kerangka MVC yang abstrak data ke dalam model, DOM ke dalam views dan mengikat keduanya menggunakan events.

BackboneJS dikembangkan oleh Jeremy Ashkenas dan pada awalnya dirilis pada tanggal 13 Oktober 2010.

5. Ember

Ember.js adalah framework JavaScript MVC (Model-View-Controller) yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web sisi klien dalam lingkup yang besar. Dibandingkan dengan framework MVC JavaScript lainnya, Ember memberikan kemampuan untuk menulis kode yang lebih terorganisir dan terstruktur. Berdasarkan situs ember. js, Ember memungkinkan Anda untuk membangun "ambisius" aplikasi web.

Di ember. js, rute digunakan sebagai model, template stang sebagai tampilan dan pengendali memanipulasi data dalam model.

Jika kamu ingin membangun single-page application (SPA) web, ember. js adalah pilihan yang tepat untuk kamu gunakan.

Itulah 5 Framework Javascript untuk Frontend yang paling mimin rekomendasikan untuk digunakan, kalian dapat mencoba satu-persatu dari mereka, dan temukan mana yang dirasa paling cocok untuk kamu pakai, maka gunakan itu!

Posting Komentar untuk "5 Framework Javascript Terbaik untuk Pengembangan Frontend"

Adblock Terdeteksi

Mohon matikan plugin Adblock untuk tetap mendukung situs ini berkembang

Disable Adblock & Reload