5 Rekomendasi Teks Editor yang Ringan untuk Ngoding - Tukang Code
Code Update
Loading...

Jumat, 18 Oktober 2019

5 Rekomendasi Teks Editor yang Ringan untuk Ngoding

text editor terbaik untuk koding
Text Editor adalah sebuah alat yang digunakan oleh seorang programmer untuk menuliskan baris koding dalam membuat software. Bagi seorang programmer, tidak sembarang text editor dapat digunakan untuk menerapkan koding seperti contohnya notepad. Maka dari itu, jika Anda seorang programmer dan benar - benar ingin terjun didunia programming, dengan senang hati saya menyarankan Anda untuk segera memilih dan meminang salah satu dari sekian banyak text editor, pasalnya, kita harus terbiasa dengan fitur - fitur yang ada di text editor itu sendiri untuk memudahkan Anda menuliskan baris koding.

Text editor sendiri memiliki dua jenis lisensi, yakni gratis dan berbayar. Untuk kalian pelajar, baik siswa sekolah maupun mahasiswa, alangkah baiknya menggunakan lisensi yang free alias gratis terlebih dahulu. Menurut saya pribadi, fitur yang dimiliki oleh text editor gratis dengan yang berbayar hampir sama. Nah, jika kalian para professional dan bekerja sebagai seorang programmer, mungkin membeli lisensi sebuah text editor tidaklah menguras isi kantong kalian. Mungkin saja kalian perlu text editor yang memiliki fitur lebih lengkap, beli ga masalah dong? Ya nggak?

Oke, buat kalian yang penasaran text editor apa saja yang saya rekomendasikan untuk kalian pakai.. Yo~ Check this out!!

1. ATOM (https://atom.io/)
Atom - Text Editor Gratis Kualitas Terbaik
Atom adalah perangkat lunak baru (yang dirilis pada tahun 2015) sebagai salah satu text editor berbasis open source (freeware) dan dapat berjalan diberbagai macam platform seperti Mac, Windows dan Linux. Atom didukung oleh komunitas pengembang yang memiliki skala luas dan yang pasti mereka berkompeten, sehingga kalian akan dengan mudah dalam mengakses puluhan plugin dan tema gratis maupun berbayar. Atom bahkan bisa kalian gunakan untuk built-in plugin kalian sendiri. Sampai saat ini, Atom adalah text editor menjadi rumah paling nyaman untuk berlabuh ke berbagai macam bahasa pemrograman.

2. SUBLIME TEXT (https://www.sublimetext.com/)

Sublime Text
Siapa sih yang nggak kenal sama teks editor yang satu ini? Sublime adalah kode text editor yang paling populer dikalangan programmer junior maupun senior. Menurut saya, sublime ini paling banyak digunakan oleh programmer web (php, html, css). Selain daripada ringan, sublime juga memberikan pengalaman yang menyenangkan saat kita menuliskan kode. Juga banyak plugin yang tersedia untuk dipasang, oh iya, untuk yang belum tau, sublime ini berbayar loh! Meski kalian bisa menikmati trial dan unregistered versionnya!

3. NOTEPAD++ (https://notepad-plus-plus.org/)
Notepad++
Notepad++ (red: notepad plus plus), adalah sebuah teks editor upgrade-an dari aplikasi notepad bawaan windows, yang berbeda, dari notepad++ sendiri menyediakan highlight syntax yang sangat membantu dalam penulisan kode. Meskipun tidak direkomendasikan dalam project - project besar, namun tetap notepad++ sangat berguna dalam pengeditan sederhana seperti penulisan html, css, js dan beberapa baris php sederhana. Saya sebagai blogger, jujur sangat terbantu dengan adanya notepad++ ini, karena notepad++ sangatlah ringan dan berbeda dari teks editor lain.

4. VIM
vim
Mungkin para senior - senior programmer sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini, Vim adalah teks editor yang bisa dibilang salah satu yang tertua, ia diciptakan pada tahun 1991. Meski begitu, masih banyak developer dalam komunitas yang tergabung mengembangkan Vim hingga saat ini. Vim memang tak sekompleks teks editor lain, tetapi, dalam hal pengalaman menuliskan kode, vim masih menjadi salah satu yang terbaik dikelasnya.

5. Visual Studio Code
Visual studio code
Sama seperti halnya Atom, Visual Studio Code merupakan salah satu teks editor gratis yang masih bisa terbilang baru. Ia dirilis pada tahun 2015, yang sampai sekarang berhasil meraih pengguna yang sangat banyak. VSCode (sebutan dari saya) berjalan dihampir seluruh platform (cross platform), mulai dari windows, linux dan macOS. Ada banyak hal spesial yang bisa kalian temukan dalam teks editor yang satu ini, salah satu diantaranya adalah Zen Mode (Maximize and hiding menu mode).

Okee, saya rasa cukup sekian dulu tulisan mengenai 5 Rekomendasi Text Editor Terbaik untuk Koding semoga ulasan diatas dapat memberikan sedikit pencerahan mengenai macam - macam teks editor yang direkomendasikan untuk newbie dan professional programmer.

Salam hangat,

Share with your friends

Give us your opinion

Pemberitahuan
Jika kamu ingin request, silahkan klik tombol request.
Request