Hugo : Sebuah Framework Blogging Modern, Bisa Dipasang Google Adsense! - Tukang Code
Code Update
Loading...

Sabtu, 12 Oktober 2019

Hugo : Sebuah Framework Blogging Modern, Bisa Dipasang Google Adsense!

Hi Blogger..
Hei, tukang ketik?
Ngeblog, adsense, ngeblog, adsense, ngeblog, adsense.. Gitu terus, sampai bosen sendiri.
Seperti tidak ada sesuatu yang menarik kah untuk dibahas? Selain ngetik, mikir, ngetik, mikir, dan akhirnya dapat duit. Untuk sebagian orang, duit atau penghasilan adalah poin kepuasan tersendiri dalam menjalani profesi sebagai seorang blogger. Profesi, yah blogger bisa saya sebut sebagai profesi, karena memang jika ditekuni maka bukan tidak mungkin akan menghasilkan pemasukan dan bahkan sampai nominal yang tidak sedikit, tergantung sama apa yang dibahas dan sebagus apa kontennya. Oke cukup kata pengantar untuk sesi kali ini. Poin pentingnya, sebagai seorang blogger ada baiknya kita belajar hal baru untuk terus mengikuti arus perkembangan teknologi saat ini agar nantinya bapak, ibu, mas ataupun mbak semuanya tidak ketinggalan jaman.

Tulisan saya kali ini akan membahas soal framework blogging. Yah, buat beberapa orang, platform blogging mungkin hanya berkutat pada 2 CMS berikut : blogger dan wordpress, Tetapi. apakah teman - teman tahu? Ternyata eh ternyata, dalam dunia blogging pun terdapat sebuah framework canggih yang mana dapat memudahkan KITA sebagai tukang ketik dalam menerbitkan artikel dan konten yang kita tulis. Kenalin nih, namanya Hugo!


Mengapa saya suka hugo?

Hugo adalah framework situs web untuk umum dan dikategorikan sebagai proyek open source. Secara teknis, Hugo adalah sebuah situs web yang berjenis web statis. Sehingga mengapa saya menyebut Hugo sebagai salah satu platform blogging alternatif, karena memang Hugo itu sederhana dan tidak neko - neko, yang pasti.. yang mungkin belum pernah kalian dengar, Hugo memiliki kecepatan loading web yang bisa saya katakan cepat dan ringan dari rata-rata framework blog lain.
Selain itu, Hugo dapat dengan mudah dioptimasi oleh penggunanya sendiri, sudah banyak sekali tema yang dibagikan secara gratis, dan semuanya bagus - bagus.

Perlu diketahui, Hugo tidak seperti sistem blog dinamis yang mana pengunjung bisa mengirimkan permintaan, Hugo hanya bisa menambahkan halaman yang dilakukan oleh admin, membuat atau memperbarui konten. Karena memang situs web ini dikhususkan untuk sebuah situs web yang lebih sering dilihat daripada yang diedit, Hugo dirancang untuk memberikan pengalaman load web yang optimal bagi pengunjung situs web Anda dan pengalaman menulis yang ideal untuk penulis blog situs web.

Jika kalian penasaran seberapa cepat sih Hugo, silahkan lihat ulasan video dibawah ini:

Kenapa sih Hugo kok bisa cepat gitu loadingnya?
Menurut buku tatang sutarma, Hugo dibuat menggunakan GoLang, jadi ini alasan mengapa Hugo memiliki load time yang sangat cepat. Bahkan pihak Hugo mengklaim bahwa framework buatan mereka memiliki kecepatan paling tinggi jika dibanding dengan SSG (Static Site Generator) lainnya.

Demo dan Contoh Situs Web yang Memakai Hugo

https://www.petanikode.com - Petani Kode
Petani kode adalah salah satu web yang cukup terkenal oleh kalangan anak programmer di Indonesia. Ternya eh ternyata, web mereka dibuat menggunakan Hugo sebagai core nya!

https://gettingthingstech.com - GettingThingsTech
Situs diatas adalah situs yang saya temukan melalui search engine Google pada halaman pertama, ini artinya Hugo juga gak kalah dalam hal SEO loh gaes.

Hugo bisa dipakein Adsense gak sih?

Sangat bisa dan sangat direkomendasikan. Bagi saya, Hugo adalah sebuah langkah awal untuk membangun situs web untuk tujuan Monetisasi Adsense yang lebih modern dan hemat resource. Karena, ukuran dari Hugo sendiri relatif kecil jika dibandingkan dengan Wordpress, belum lagi jika Wordpress mengharuskan memasang plugin ini itu, tentu memakan banyak resource bukan. 

Eh, katanya Hugo itu Web Statis, Pengunjung gak bisa ngirim komentar dong?

Eits, tunggu, Hugo tidak seburuk itu kok. Walaupun Hugo masuk sebagai web statis, tetapi Hugo masih dapat dipasangi 3rd party jika kalian menginginkan blog kalian memiliki kolom komentar. Disqus, begitulah kira - kira, 3rd party yang saya rekomendasikan untuk dipakai di situs web kalian. Hugo feat Disqus itu ciamik banget sob, beneran!

Saya gak percaya nih, masak Hugo bisa dimonetisasi? Mana contoh web yang udah Monetise?

Dih.. kok gak percayaan sih :(
Nih contohnya kukasih :
Masih kurang bukti? :( Kalian bisa search di Google kalo gak percaya. Heuheu

Kesimpulan pada artikel kali ini adalah:
Hugo dapat dipasang Google Adsense, Hugo and Adsense is the best partner for monetization ways!

Share with your friends

Give us your opinion

Pemberitahuan
Jika kamu ingin request, silahkan klik tombol request.
Request