Cara Import Project Laravel ke XAMPP Windows - Tukang Code
Code Update
Loading...

Jumat, 18 Oktober 2019

Cara Import Project Laravel ke XAMPP Windows

Hai haii.. welcome back to dis attract blogg. Sepertinya pembahasan kita berikut ini akan sedikit lebih berat dari postingan biasanya ya. Mungkin jika pertama kali mempelajari laravel, rasanya lebih ribet dari framework - framework lain ya. Untuk itu, mari kita belajar bersama - sama demi menuntaskan rasa penasaran ini :D
import project laravel dari github ke xampp lokal windows
Khusus postingan ini, saya akan menuliskan sedikit pengalaman saya dalam menginstall atau menjalankan project laravel yang kita unduh dari github ke komputer lokal kita (xampp). Silahkan langsung saja ikuti tutorialnya dibawah ini :

1. Letakkan project Laravel ke dalam folder htdocs xampp kalian, atau jika gak mau ribet, didalam htdocs kita buat git clone (dengan syarat harus konek ke internet), begini contohnya
root file project laravel

2. Pastikan kita udah install composer ya, kalo belum bisa install dulu file nya ada disini. Jika udah keinstall, tinggal kita buka Git Bash Here didalam folder projectnya (ini adalah fitur dari software git-scm, jika belum ada, silahkan install dulu dari sini )
git bash here
3. Kemudian ketikkan command, dan enter :
composer install

contoh:
composer install
Jika baru pertama kali, proses diatas ini memakan waktu yg lumayan, sekitar 15 menitan. (Tergantung koneksi internet kalian juga sii)
4. Jika sudah selesai, kalian langsung ketikkan command selanjutnya :
cp .env.example .env
jadi disini maksudnya adalah untuk mengcopy file contoh .env.example menjadi bentuk file .env (config laravel sesungguhnya). Untuk .env.example bisa kalian ganti sesuai .env.sample yang ada di direktori project kalian. Kenapa kok copy filenya lewat bash? soalnya, di windows sendiri tidak mendukung copy & rename file yang berbentuk .ekstensi (.env tadi).

sebelum saya copy :
setelah saya copy :
5. Kemudian, jika file .env nya udah ada, tinggal kalian edit sesuai dengan config database kalian. Kalian bisa buat database baru di phpmyadmin sesuai dengan nama database project lama, atau bisa kalian buat nama baru kemudian kalian import sql file projectnya.
6. Setelah selesai setting .env, langsung ketikkan command berikut :
php artisan key:generate
7. Jika sudah, lanjut ke command :
php artisan migrate
8. Jika proses selesai, kalian bisa membuka projectnya melalui localhost seperti ini:
http://localhost/akad/public

kebetulan nama project saya adalah akad, kalian tinggal menambahkan /public di url paling belakangnya.

atau dengan cara mudahnya dengan git bash here, 
php artisan serve

kemudian, kalian buka http://localhost:8000

Yeyyy, selesai~
Semoga bermanfaat!

Share with your friends

Give us your opinion

Pemberitahuan
Jika kamu ingin request, silahkan klik tombol request.
Request